Jumat, 23 Desember 2011

SISTEM MANAJEMEN KUALITAS, ISO (International Organization for Standardization) 9000 - 2000 part 1


sejarah SISTEM MANAJEMEN KUALITAS, ISO (International Organization for Standardization) 9000-2000

ISO adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani yang berarti sama (Suardi, 2003). Pertama kali ISO didirikan di Jenewa, Swiss, pada tahun 1947. ISO merupakan singkatan dari International Organization for Standardization. ISO adalah badan standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan internasional yang berkaitan dengan perubahan barang dan jasa. ISO dapat disimpulkan sebagai koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar harmonisasi internasional, dan promosi pemakaian standar internasional.
Pada intinya, ISO bertujuan untuk mengharmonisasi standar-standar nasional di masing-masing negara menjadi satu standar internasional yang sama.
ISO digunakan sebagai: (Rabbit & Bergh, 1994)
  • Fondasi dari kegiatan perbaikan yang kontinu untuk kepuasan pelanggan.
  • Sistem dokumentasi yang benar dari perusahaan.
  • Cara yang jelas dan sistematik dari manajemen mutu.
  • Mendapatkan stabilitas dan konsistensi dalam kegiatan dan sistem.
  • Kerangka kerja yang bagus untuk perbaikan mutu.
  • Praktek manajemen yang lebih efektif dengan otoritas dan tanggung jawab yang jelas terhadap orang yang berkaitan dengan mutu proses dan produk.
  • Pedoman untuk melakukan segala sesuatu dengan benar di setiap saat.
  • Cara untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, mutu, dan kemampuan berkompetensi dari perusahaan.
  • Persyaratan untuk melakukan bisnis internasional

ISO 9000 adalah nomor acuan pada seri standar Internasional yang menjabarkan kriteria tentang sistem manajemen mutu. Pada standar tersebut terdapat persyaratan yang mendasar bagi organisasi apapun yang berminat untuk menerapkan standar ini. Standar ini merupakan seri ISO yang menjadi Best Seller dan diadopsi secara luas oleh organisasi dan organisasi di seluruh dunia.
Keberhasilan seri ISO 9000 di sebabkan pada sistem yang diterapkan dilandasi oleh suatu sistem yang konsisten, sistem pengedalian dan pencegahan serta upaya peningkatan secara berkelanjutan.

0 komentar:

Posting Komentar