Jumat, 23 Desember 2011

BENCHMARKING (PATOK DUGA) part 2


BENCHMARKING ANALISIS PERSAINGAN
Analisis Persaingan meliputi perbandingan antara produk-produk pesaing dengan produk yang dihasilkan Perusahaan. Sedangkan Benchmarking lebih jauh daripada itu, yaitu membandingkan bagaimana suatu produk direkayasa, diproduksi, didistribusikan dan didukung.

Perbedaan Benchmarking dengan Analisis Persaingan
Benchmarking
·         Melihat pada proses   Memeriksa bagaimana sesuatu   Dapat membandingkan dengan industri lainnya   Penelitian membagi hasil untuk manfaat bersama   Dapat tidak kompetitif   Membagi informasi   Kemitraan   Kerjasama/Interdependen Dipergunak untuk mencapai tujuan perbaikan     Tujuan berupa pengetahuan proses   Fokus pada kebutuhan pelanggan.
Analisis Persaingan
·         Melihat pada hasil Memeriksa apa yang telah terjadi dan dikerjakan Perbandingan di dalam industri Penelitian tanpa membagi hasil Selalu kompetitif Rahasia Tersendiri Mandiri Dipergunakn untuk memeriksa persaingan Tujuan berupa pengetahuan tentang industri Fokus pada kebutuhan perusahaan
Benchmarking digunakan untuk menentukan proses yang akan diperbaki secara berkesinambungan (incremental) dan perubahan yang dibutuhkan.


Faktor-faktor yang mendorong perusahaan melakukan benchmarking adalah :
Komitmen terhadap TQM
Fokus pada pelanggan
Product – to – market time
Waktu siklus pemanufakturan
Laba

Secara umum manfaat yang diperoleh dari benchmarking dapat dikelompokkan menjadi (Ross, 1994 pp.239-240) :
1.      Perubahan Budaya
Memungkinkan perusahaan untuk menetapkan target kinerja baru yang realisitis berperan meyakinkan setiap orang dalam organisasi akan kredibilitas target
2.      Perbaikan Kinerja
Membantu perusahan mengetahui adanya gap-gap tertentu dalam kinerja dan untuk memilih proses yang akan diperbaiki
3.      Peningkatan Kemampuan Sumber Daya Manusia 
Memberikan dasar bagi pelatihan Karyawan menyadari adanya gap antara yang mereka kerjakan dengan apa yang dikerjakan karyawan lain diperusahaan lain. Keterlibatan karyawan dalam memecahkan permasalahan sehingga karyawan mengalami peningkatan kemampuan dan keterampilan

0 komentar:

Posting Komentar