INOVASI TECHNOLOGY PUSH VS NEED PULL
Pada tahap eksplorasi ada 3 pola
proses pengenalan dan pengembangan produk/jasa baru yaitu :
1.
Menarik Pasar (Need Pull/Market Pull)
Menurut pandangan ini, �Anda harus membuat apa
yang dapat dijual�. Produk baru ditentukan oleh pasar berdasarkan kebutuhan
pelanggan. Jenis produk baru ditentukan melalui penelitian pasar & umpan
balik pelanggan, dgn sedikit perhatian terhadap teknologi. Need Pull akan menuju pada terbentuknya incremental innovation.
Gambar 1. Aliran aktivitas dari Model Technology Push
2.
Mendorong Teknologi (Technology Push)
Pandangan ini menyarankan �Anda harus menjual apa
yang dapat anda buat�. Produk baru diperoleh dari teknologi produksi,
penggunaan teknologi yang canggih dan kemudahan operasi, dengan sedikit
perhatian terhadap pasar. Dengan kata lain suatu produk atau teknologi baru
didorong atau dijual ke pasar (potential
customer) yang tidak meminta atau mengetahui perihal produk atau teknologi
baru tersebut. Technolgy Push akan menuju kepada radical innovation.
Gambar 2. Aliran
aktivitas dari Model Need Pull
3.
Antar fungsional (Interfunctional)
Produk baru memerlukan kerjasama diantara
pemasaran, operasi, keterampilan teknik, dan fungsi lainnya sehingga
menghasilkan produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan penggunaan
teknologi yang memberikan manfaat terbaik.
Untuk kesuksesan inovasi produk atau jasa baru diperlukan kombinasi dari
kedua model pertama yaitu proses technical-linking dan need-linking. Selain itu ada tiga elemen yang menjadi konsideran
dalam menciptakan peluang bisnis baru yaitu : relevant problem, technology
sources dan market demand.
0 komentar:
Posting Komentar