Jumat, 23 Desember 2011

PERKEMBANGAN PEMIKIRAN TENTANG KUALITAS ( part 3 )

Perencanaan Kualitas

Perencanaan kualitas (quality planning) melibatkan aktivitas sebagai berikut :

1.      Identifikasi pelanggan. Setiap orang yang akan dipengaruhi adalah pelanggan.
2.      Menentukan kebutuhan pelanggan.
3.      Menciptakan keistimewaan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
4.      Menciptakan proses yang mampu menghasilkan keistimewaan produk dibawah kondisi operasi.
5.      Mentransfer /mengalihkan proses ke operasi.

Pengendalian Kualitas

Pendekatan terhadap pengendalian kualitas (quality control)melibatkan beberapa aktivitas sebagai berikut :
1.  Mengevaluasi performansi aktual.
2.  Membandingkan yang aktual dengan sasaran.
3.  Mengambil tindakan atas perbedaan antara yang aktual dan sasaran.

Perbaikan Kualitas

Pendekatan terhadap perbaikan kualitas (quality improvement) mencakup hal – hal sebagai berikut :

1.      Menciptakan kesadaran dari kebutuhan dan kesempatan untuk perbaikan/peningkatan.
2.      Mengamanatkan/menugaskan peningkatan kualitas, dan membuatnya sebagai bagian dari setiap deskripsi pekerjaan.
3.      Menciptakan infrastruktur : menetapkan dewan kualitas, memilih proyek untuk perbaikan, menentukan/menunjuk tim, menyiapkan fasilitator.
4.      Memberikan pelatihan tentang bagaimana meningkatkan kualitas.
5.      Meninjau kembali kemajuan secara teratur.
6.      Memberikan penghargaan kepada tim pemenang.
7.      Mempropagandakan/mempopulerkan hasil-hasil perbaikan kualitas.
8.      Memperbaiki sistem balas jasa (reward system) dalam menjalankan tingkat perbaikan kualitas.
9.      Mempertahankan momentum melalui perluasan rencana bisnis yang mencakup sasaran untuk peningkatan kualitas.

0 komentar:

Posting Komentar