Perencanaan Kualitas
Perencanaan kualitas (quality planning) melibatkan aktivitas sebagai berikut :
1.
Identifikasi
pelanggan. Setiap orang yang akan dipengaruhi adalah pelanggan.
2.
Menentukan
kebutuhan pelanggan.
3.
Menciptakan
keistimewaan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
4.
Menciptakan
proses yang mampu menghasilkan keistimewaan produk dibawah kondisi operasi.
5.
Mentransfer
/mengalihkan proses ke operasi.
Pengendalian Kualitas
Pendekatan terhadap pengendalian kualitas (quality
control)melibatkan beberapa aktivitas sebagai berikut :
1.
Mengevaluasi
performansi aktual.
2.
Membandingkan
yang aktual dengan sasaran.
3.
Mengambil
tindakan atas perbedaan antara yang aktual dan sasaran.
Perbaikan Kualitas
Pendekatan terhadap perbaikan kualitas (quality improvement) mencakup hal – hal sebagai berikut :
1.
Menciptakan
kesadaran dari kebutuhan dan kesempatan untuk perbaikan/peningkatan.
2.
Mengamanatkan/menugaskan
peningkatan kualitas, dan membuatnya sebagai bagian dari setiap deskripsi
pekerjaan.
3.
Menciptakan
infrastruktur : menetapkan dewan kualitas, memilih proyek untuk perbaikan,
menentukan/menunjuk tim, menyiapkan fasilitator.
4.
Memberikan
pelatihan tentang bagaimana meningkatkan kualitas.
5.
Meninjau
kembali kemajuan secara teratur.
6.
Memberikan
penghargaan kepada tim pemenang.
7.
Mempropagandakan/mempopulerkan
hasil-hasil perbaikan kualitas.
8.
Memperbaiki
sistem balas jasa (reward system) dalam menjalankan tingkat perbaikan
kualitas.
9.
Mempertahankan
momentum melalui perluasan rencana bisnis yang mencakup sasaran untuk
peningkatan kualitas.
0 komentar:
Posting Komentar