Jumat, 23 Desember 2011

KONSEP DAN TAHAPAN DALAM PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA (part 4 )



LEAD USER RESEARCH
Lead User research adalah salah satu metodologi yang diyakini dapat memberikan kunci sukses bagi terobosan produk/jasa baru. Dasar pemikiran metodologi ini adalah adanya Lead User yaitu spesifik konsumen/individual yang memiliki pengalaman kebutuhan lebih dahulu/mendahului dari konsumen/individual yang lain. Dengan melibatkan team khusus yang terdiri dari para expert pada kelompok lead user ini, maka akan didapatkan suatu temuan inovasi yang sangat berharga.

Beberapa contoh peran serta lead user dalam suatu terobosan inovasi baru antara lain :
-         Protein untuk hair conditioner ditemukan oleh seorang wanita di tahun 1950 yang mempunyai ramuan tradisional yang terdiri dari bir atau telur untuk tubuh agar lebih bersinar.
-         Minuman Gatorade, diproduksi di Florida berdasarkan masukan dari para atlet sebagai lead user.
-         Speaker Bose, sukses menjadi pioneer high fidelity speaker untuk musik latar tahun 1980, didapat dari pengalaman Jim Sanchez saat mendengarkan musik latar dari toko CD lokal di Boston area Strawberries.

Karakteristik Lead User
1.   Lead User memiliki kebutuhan produk/jasa baru yang nanti akan memasyarakat, akan tetapi mereka telah menemukan kebutuhan tersebut beberapa bulan/tahun sebelum masyarakat umum menghadapinya.
2.   Lead User mengharapkan manfaat yang signifikan dengan menemukan solusi dari kebutuhannya. Sebagai hasilnya, mereka mengembangkan sendiri produk/jasa baru tanpa menunggu produk/jasa tersebut tersedia secara komersial.
3.   Lead User tidak sama dengan early adopter (First user yang membeli suatu produk /jasa eksisting). Lead user dihadapkan pada kebutuhan akan suatu produk/jasa yang belum ada di pasaran.

Melalui metodologi Lead user ini akan didapatkan beberapa manfaat sebagai berikut :
1.      Memperoleh akses informasi yang lebih kaya dan reliable melalui kebutuhan customer yang dapat diperoleh melalui traditional market research. Metode Lead User melengkapi kebutuhan untuk traditional market research bukan menggantikan.
2.      Pengembangan konsep produk/jasa yang lebih baik karena berasal dari data konsumen yang lebih baik.
3.      Akselerasi proses pengembangan produk/jasa.

0 komentar:

Posting Komentar