LEAD USER RESEARCH
Lead User
research adalah salah satu
metodologi yang diyakini dapat memberikan kunci sukses bagi terobosan
produk/jasa baru. Dasar pemikiran metodologi ini adalah adanya Lead User yaitu
spesifik konsumen/individual yang memiliki pengalaman kebutuhan lebih
dahulu/mendahului dari konsumen/individual yang lain. Dengan melibatkan team
khusus yang terdiri dari para expert pada kelompok lead user ini, maka akan
didapatkan suatu temuan inovasi yang sangat berharga.
Beberapa contoh peran serta lead
user dalam suatu terobosan inovasi baru antara lain :
- Protein untuk hair conditioner
ditemukan oleh seorang wanita di tahun 1950 yang mempunyai ramuan tradisional
yang terdiri dari bir atau telur untuk tubuh agar lebih bersinar.
- Minuman Gatorade,
diproduksi di Florida berdasarkan masukan dari para atlet sebagai lead user.
- Speaker Bose, sukses
menjadi pioneer high fidelity speaker
untuk musik latar tahun 1980, didapat dari pengalaman Jim Sanchez saat
mendengarkan musik latar dari toko CD lokal di Boston area Strawberries.
Karakteristik Lead User
1. Lead User
memiliki kebutuhan produk/jasa baru yang nanti akan memasyarakat, akan tetapi
mereka telah menemukan kebutuhan tersebut beberapa bulan/tahun sebelum
masyarakat umum menghadapinya.
2. Lead User
mengharapkan manfaat yang signifikan dengan menemukan solusi dari kebutuhannya.
Sebagai hasilnya, mereka mengembangkan sendiri produk/jasa baru tanpa menunggu
produk/jasa tersebut tersedia secara komersial.
3. Lead User tidak
sama dengan early adopter (First user yang membeli suatu produk
/jasa eksisting). Lead user dihadapkan pada kebutuhan akan suatu
produk/jasa yang belum ada di pasaran.
Melalui metodologi Lead user ini akan didapatkan beberapa
manfaat sebagai berikut :
1.
Memperoleh akses informasi yang
lebih kaya dan reliable melalui
kebutuhan customer yang dapat diperoleh melalui traditional market research. Metode Lead User melengkapi kebutuhan untuk traditional market research bukan menggantikan.
2.
Pengembangan konsep produk/jasa
yang lebih baik karena berasal dari data konsumen yang lebih baik.
3.
Akselerasi proses
pengembangan produk/jasa.
0 komentar:
Posting Komentar