Jumat, 23 Desember 2011

KONSEP DAN TAHAPAN DALAM PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA ( part 5 )


Tahapan Metodologi Lead User Research
Ada empat tahapan yang harus dilakukan dalam Lead User Research, yaitu :
a. Stage 1: Project Planning (4-6 minggu)
·                      Membuat master plan
·                      Mempelajari current market place
·                      Merumuskan fokus projek
b. Stage 2: Trends/Needs Identification (5-6 minggu)
·                      Melakukan studi literatur
·                      Melakukan Interview kepada top expert.
·                      Analisa data, dan menentukan kebutuhan yang lebih mengerucut
c. Stage 3: Preliminary Concept Generation (5-6 minggu)
·                      Interview lead user dan expert
·                      Pengumpulan data untuk bisnis case
·                      Mendefinisikan kebutuhan produk/jasa baru � buat draft konsep
d. Stage 4: Final Concept Development (5-6 minggu)
·                      Perencanaan Workshop Lead user
·                      Mengundang partisipan
·                      Pelaksanaan workshop �> perbaikan konsep dengan melibatkan lead user/expert
·                      Finalisasi konsep



KESIMPULAN
Dalam pengembangan produk atau jasa, banyak hal yang diperlukan demi kesuksesan produk atau jasa yang baru, diantaranya proses Inovasi yang mengawalinya, dimana inovasi ini perlu terus dikembangkan demi kelangsungan bisnis perusahaan (never ending innovation). Selain itu peran lembaga R&D, dan proses untuk menghasilkan inovasi baik melalui Technology Push/Need Pull maupun tahapan Lead User Research merupakan tahapan yang hendaknya dilakukan dalam pengembangan produk/jasa baru. Pada tulisan selanjutnya (bagian 2), akan dijelaskan beberapa konsep mengenai Technology Sourcing, Learning Cycle dalam produk baru dan pentingnya Product Integrity.

DAFTAR REFERENSI
1.      Robert A. Burgelman,  Strategic Management of technology and innovation, Mc Graw Hill, 2004
2.      McMaster University, Notes from 9th Annual Canadian MBA Conference: Management Of Technology, http://gaussling.wordpress.com/2007/01/02/market-pull-and-technology-push/,

0 komentar:

Posting Komentar