Tahapan Metodologi Lead User Research
Ada empat tahapan yang harus
dilakukan dalam Lead User Research,
yaitu :
a. Stage 1: Project Planning (4-6 minggu)
·
Membuat master plan
·
Mempelajari current market place
·
Merumuskan fokus projek
b. Stage 2: Trends/Needs
Identification (5-6 minggu)
·
Melakukan studi literatur
·
Melakukan
Interview kepada top expert.
·
Analisa data, dan menentukan kebutuhan yang lebih mengerucut
c. Stage 3: Preliminary
Concept Generation (5-6 minggu)
·
Interview lead user dan expert
·
Pengumpulan data untuk bisnis case
·
Mendefinisikan kebutuhan produk/jasa baru � buat draft konsep
d. Stage 4:
Final Concept Development (5-6 minggu)
·
Perencanaan Workshop Lead user
·
Mengundang partisipan
·
Pelaksanaan workshop �> perbaikan konsep dengan melibatkan lead user/expert
·
Finalisasi konsep
KESIMPULAN
Dalam
pengembangan produk atau jasa, banyak hal yang diperlukan demi kesuksesan
produk atau jasa yang baru, diantaranya proses Inovasi yang mengawalinya,
dimana inovasi ini perlu terus dikembangkan demi kelangsungan bisnis perusahaan
(never ending innovation). Selain itu
peran lembaga R&D, dan proses untuk menghasilkan inovasi baik melalui Technology Push/Need Pull maupun tahapan
Lead User Research merupakan tahapan
yang hendaknya dilakukan dalam pengembangan produk/jasa baru. Pada tulisan
selanjutnya (bagian 2), akan dijelaskan beberapa konsep mengenai Technology Sourcing, Learning Cycle dalam produk baru dan
pentingnya Product Integrity.
DAFTAR REFERENSI
1.
Robert A. Burgelman, Strategic Management of technology and
innovation, Mc Graw Hill, 2004
2. McMaster University, Notes from 9th Annual Canadian
MBA Conference: Management Of Technology,
http://gaussling.wordpress.com/2007/01/02/market-pull-and-technology-push/,
0 komentar:
Posting Komentar