Selasa, 31 Juli 2012

UJI ANAKOVA.


Perhatikan suatu studi tentang variable Y yang menjadi variabel respon akibat efek faktor atau faktor – faktor lain. Dalam bab-bab yang lalu, varriabel Y ini dianggap hanya terjadi semata-mata sebagai efek faktor atau faktor-faktor (termasuk interaksinya) yang kita perhatikan ditambah efek-efek umum dan kekeliruan yang kesemuanya diperhitungkan melalui suatu model matematika tertentu. Akan tetapi, ada kenyataanya nilai-nilai variabel Y bisa berubah-ubah oleh karena ada variabel lain, katakanlah X, di samping Y merupakan akibat efek faktor-faktor yang dipelajari. Jadi, kecuali faktor atau faktor-faktor memberikan efek terhadap Y, masih ada variabel (atau barangkali variabel-variabel) yang beubah-ubah seiring dengan terjadinya perubahan variabel Y. Variabel atau variabel – variabel X ini sering tidak mungkin dapat dikontrol selama kita melakukan eksperimen, akan tetapi masih dapat diukur bersama-sama dengan variabel Y. Variabel X yang bersifat demikian dinamakan variabel iringan tau variabel komitan.
            Dengan adanya hal seperti ini, maka untuk melakukan analisa mengenai variabel respon Y sebagi efek faktor atau efek faktor-faktor, maka perlulah terlebih dahulu ”memurnikan” variabel Y dari variabel konkomitan. Hal ini dapat dilakukan dengan jalan ”menyingkirkan” pengaruh X terhadap Y baru lalu kemudian melakukan analisisi terhadap Y yang sudah dimurnbikan untuk melihat efek faktor-faktor yang dipelajari. Analisis ini dinakamakan analisis kovarians, disingkat ANAKOVA.

Contoh
Untuk mempelajari efek seberapa metoda mengajar berhitung kepada anak-anak SD kelas VI misalnya, sebelum metode tersebut digunkan, terlebih dahulu anak-anak diberi tes awal. Setelah metoda mengajar selesai diberikan, pada akhir pelajaran diberikan tes akhir yang isinya sama dengan tes awal. Atas kedua hasil tes ini, kita bisa menentukan variabel respon Y sebagai selisih nilai tes akhir dan nilai tes awal untuk tiap anak. Jika nilai tes awal kita sebut X, maka dalam hal ini ada kemungkinan bahwa respon Y dipengaruhi oleh variabel X mengajar yang digunakan. Dalam hal ini, sebelum diteliti mengenai Y sebagai efek metoda mengajar dengan menggunakna Anava, maka perlu dilakukan dahulu analisis regresi Y atas X. Dengan kata lain, untuk ini perlu dilakukan anilis kovarians.
            Dari uraian dan contoh di atas mudah ditangkap bahwa pada dasarnya analisis kovarians merupakan perkawinan antara analisi regresi dan analisis varians. Dalam hal ini analisi untuk hal-hal sederhana.  


0 komentar:

Posting Komentar