Selasa, 31 Juli 2012

aplikasi teknologi telekomunikasi dan teknologi komputer untuk mendukung proses pengambilan keputusan


Aplikasi teknologi komunikasi dan teknologi komputer untuk mendukung proses pengambilan keputusan adalah sebagai berikut:
·           Transaction Processing Systems (TPS)
adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. TPS merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan external dan pimpinan bisa melihat data yang dihasilkan oleh TPS secara langsung.
·           Management Information System ( MIS )
        Digunakan untuk mengkonversi data yang berasal dari TPS menjadi informasi yang berguna untuk mengelola organisasi dan memantau kinerja. Dipakai oleh semua level manajemen.
·           Decision Support System (DSS)
        Memiliki fungsi untuk mendukung pembuatan keputusan diseluruh tahap-tahapnya, meskipun keputusan actual masih merupakan wewenang ekslusif pembuat keputusan.Hampir sama dengan SIM tradisional karena keduanya sama-sama tergantung pada basisdata sebagai sumber data Expert System dan Artificial Inteligent.
·           Executive Information System (EIS)
adalah sistem informasi yng menyediakan fasilittas yang fleksibel bagi manajer dan eksekutif dalam mengakses informasi eksternal dan internal yang berguna untuk mengidentifikasi masalah atau mengenali peluang. Pemakai yang awam dengan computer pun tidak sulit mengoperasikannya karena system dilengkapi dengan antarmuka yang sangat memudahkan peakai untuk menggunakannya (user-friendly). Digunakan oleh manjemen tingkat menengah dan atas.
·           Excecutive Support Systems (ES)
        berfungsi untuk menyediakan pengetahuan pakar pada bidang tertentu untuk membanatu pemecahan masalah. Digunakan oleh orang yang hendak memecahkan masalah yang memerlukan kepakaran.
·           Office Automation System (OAS)
        OAS digunakan untuk mendukung pekerja data. Biasanya tidak menciptakan hal baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentransformasikan data atau memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebelum membagikannya atau menyebarkannya secara keseluruhan, dengan organisasi dan kadang-kadang diluar itu. Contoh : Word Processing, Spreadsheets, electronic Schedule, Email, Video Conference

Decision support system adalah sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasi data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur dimana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.
·           DSS lebih ditujukan untuk mendukung manajemen dalam melakukan pekerjaan yang bersifat analitis, dalam situasi yang kurang terstruktur dan dengan kriteria yang kurang jelas.
·           DSS tidak dimaksudkan untuk mengotomasikan pengambilan keputusan,tetapi memberikan perangkat interaktif yang memungkinkan pengambilan eputusan dapat melakukan berbagai analisis dengan menggunakan model-model yang tersedia.

0 komentar:

Posting Komentar