Selasa, 31 Juli 2012

Pengertian kepemimpinan (leadership) dan lankah serta contoh di pemimpin di dunia pendidikan


Pengertian kepemimpinan (leadership)

Ada beberapa pengertian kepemimpinan, yaitu sebagai berikut:
·           Kepemimpinan adalah kemampuan membujuk orang lain agar mau melakukan apa yang diinginkan oleh pemimpin dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
·           Kepemipinan adalah daya untuk mendorong dan mengarahkan orang-orang untuk bergerak mencari tujuan komunitas.                                                                                                                                         
·           Kepemimpinan adalah kemampuan untuk mempengaruhi, mendorong, menggerakkan, mengarahkan, dan  memberdayakan seluruh sumber  daya yang ada untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
·           Kepemimpinan adalah suatu perilaku dengan tujuan tertentu untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi.


Pemimpin atau manager kelas dunia dan langkah-langkah apa yang dilakukan

Pemimpin atau manager kelas dunia adalah seorang pemimpin atau manager yang mampu membuat perubahan terjadi, bukan seorang pemimpin atau manager yang hanya dipengaruhi perubahan.

   Langkah–langkah yang dilakukan adalah:
1.      Merencanakan perubahan
2.      Menggabungkan system yang akan memfasilitasi perubahan
3.      Memberdayakan karyawan untuk membuat perubahan
4.      Memberikan penghargaan atas program perubahan yang sukses.

Penerapan kepemimpinan di Universitas Padjajaran:
Organisasi kemahasiswaan di UNPAD, yang lebih dikenal dengan nama KEMA (Keluarga Mahasiswa), dipimpin oleh satu presiden yang bertanggung jawab atas seluruh organisasi, namun Presiden juga dibantu oleh Wakil Presiden yang hanya bertanggung jawab atas pusat kegiatan organisasi dalam hal ini adalah UKM. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesatuan komando (unity of command) yang dipegang oleh satu pimpinan, yaitu Presiden. Dengan demikian meminimalisir konflik antar elemen yang kemungkinan bisa terjadi.
Kedudukan Presiden adalah tetap sebagai pemegang komando tertinggi dan pengambil keputusan walaupun ada Wakil Presiden untuk membantu sebagian tanggung jawabnya, namun otoritas Presiden tidak juga ikut dibagi dengan Wakil Presiden.


0 komentar:

Posting Komentar