Selasa, 31 Juli 2012

Tingkatan Tehnologi DSS



 Turban (1995: 108) maupun Sparague and Watson (1993: 10) menyatakan bahwa dalam merancang serta menggunakan DSS dikenal tiga tingkatan tehnologi yang berupa perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software). Tingkatan tersebut dipergunakan oleh orang-orang dengan kemampuan tehnik yang berbeda, dan pada dasarnya bervariasi dalam cakupan tugas dimana mereka dapat diaplikasikan.

A.    Specific Decision Support System (SDSS)     

Specific Decision Support System (SDSS) adalah sistem yang ditujukan untuk membantu pemecahan serangkaian masalah dengan karakteristik yang spesifik. Melalui pengkombinasian model, basis data serta tehnik representasi tertentu, sistem ini menghasilkan berbagai alternatif yang akan memudahkan pengambil keputusan dalam melaksanakan tugasnya. Sistem ini pada hakikatnya, dapat juga digunakan untuk menjelaskan, memperkuat atau memberikan justifikasi terhadap suatu keputusan yang akan diambil oleh manajemen. Contoh dari SDSS ini adalah sistem interaktif grafik dalam evaluasi penjadwalan produksi.

B.     Decision Support System Generator (DSSG)

Menurut Sprague and Watson (1993: 9) Decision Support System Generator (Pembangkit Sistem Pendukung Keputusan) ini merupakan suatu paket yang menghubungkan perangkat keras (hardware) dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan kemampuan untuk membangun suatu SDSS secara cepat dan mudah.
Salah satu contoh pengembangan pertama dari DSSG adalah Geodata Analysis and Display (GADS). GADS ini berisi peta, kamus data dan alternatif prosedur yang kemudian dipakai dalam pembuatan SDSS pada sistem kepolisian di San Jose. Berikutnya adalah Interactive Financial Planning System (IFPS) dari Executive Systems. DSSG diantaranya meliputi fasilitas penyiapan laporan, bahasa simulasi, tampilan grafik, subrutin statistik, dan sebagainya.

C. Decision Support System Tools (DSST)

Menurut Suryadi dan Ramdhani (1998: 43) sistem ini merupakan tehnologi yang paling dasar dalam merancang dan membangun DSS. DSST terdiri dari elemen hardware dan software yang dapat memudahkan pengembangan SDSS dan DSSG. Tingkatan tehnologi ini yang paling banyak dikembangkan akhir-akhir ini, termasuk didalamnya pengembangan bahasa untuk keperluan tertentu, peningkatan sistem operasi untuk mendukung perancangan subsistem dialog, perancangan grafik berwarna, dan perancangan subsistem lainnya. Yang termasuk dengan kategori-kategori tehnologi ini antara lain bahasa pemrograman (BASIC, FORTRAN, DBASE IV, C, PASCAL, dan sebagainya), sistem operasi komputer khusus, perangkat lunak pengakses data, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar