Jumat, 01 Februari 2013

Diagram serta Prinsip Dasar DSS



1.      Struktur Masalah
Sulit untuk menemukan masalah yg sepenuhnya terstruktur atau tak terstruktur - area kelabu Simon. Ini berarti DSS diarahkan pada area tempat sebagai besar masalah berada.
2.      Dukungan Keputusan
DSS tidak dimaksudkan untuk menggantikan manajer. Komputer dapat diterapkan pada bagian masalah yg terstruktur, tetapi manajer bertanggung ajwab atas bagian yang tidak terstruktur.
3.      Efektivitas Keputusan
Waktu manajer berharga dan tidak boleh terbuang, tetapi manfaat utama menggunakan DSS adalah keputusan yg baik.

 Dari Diagram DSS diatas dapat dilihat ada beberapa poin penting dalam pengambilan keputusan , antara lain :
a.       Sistem Informasi Manajemen (SIM)
Terdiri atas input, Process , dan output. Inputan berupa data yang akan diproses dalam sistem komputer, dan dari proses tersebut akan menghasilkan output berupa Report, Model results , What-if analysis.
b.      Management
Hasil output dari MIS bisa dibagi menjadi beberapa jenis output yang akan membantu manajer dalam perusahaan untuk mendapatkan informasi, antara lain : Personnel, Accounting, Production, Marketing , Distribution , Other Areas.
c.       Decisions
Dari informasi Personnel , Accounting, Production, Marketing , Distribution hingga informasi Other Areas akan menjadi acuan penting untuk membuat keputusan yang akan menguntungkan semua pihak. Keputusan  ini akan diolah dan dianalisa dan ini  akan menjadi inputan penting dalam Sistem informasi Management sebuah perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar