Jumat, 23 Desember 2011

SISTEM MANAJEMEN KUALITAS, ISO (International Organization for Standardization) 9000 - 2000 part 3


Pengertian ISO 9001:2000
ISO 9001:2000 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen kualitas. ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. ISO 9001:2000 bukan merupakan standar produk. ISO 9001:2000 hanya merupakan standar sistem manajemen (Gaspersz, 2001, p.1).
ISO 9001:2000 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh produk. ISO 9001:2000 hanya merupakan standar sistem manajemen mutu (Gaspersz, 2001,p.1).

Model Proses ISO 9001:2000
Model proses ISO 9001:2000 terdiri dari lima bagian utama yang menggambarkan sistem manajemen organisasi, yaitu (Gaspersz, 2001, p.3):
1.      Sistem Manajemen Kualitas (Klausul 4 dari ISO 9001:2000).
2.      Tanggung Jawab Manajemen (Klausul 5 dari ISO 9001:2000).
3.      Manajemen Sumber Daya (Klausul 6 dari ISO 9001:2000).
4.      Realisasi Produk (Klausul 7 dari ISO 9001:2000).
5.      Analisis, Pengukuran, dan Peningkatan (Klausul 8 dari ISO 9001:2000).

0 komentar:

Posting Komentar