Pengertian ISO
9001:2000
ISO 9001:2000
adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen kualitas. ISO
9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan
penilaian dari suatu sistem manajemen mutu, yang bertujuan untuk menjamin bahwa
organisasi akan memberikan produk yang dapat menjamin kepuasan pelanggan. ISO
9001:2000 bukan merupakan standar produk. ISO 9001:2000 hanya merupakan standar
sistem manajemen (Gaspersz, 2001, p.1).
ISO 9001:2000
bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan-persyaratan
yang harus dipenuhi oleh produk. ISO 9001:2000 hanya merupakan standar sistem
manajemen mutu (Gaspersz, 2001,p.1).
Model Proses ISO
9001:2000
Model proses ISO
9001:2000 terdiri dari lima bagian utama yang menggambarkan sistem manajemen
organisasi, yaitu (Gaspersz, 2001, p.3):
1.
Sistem Manajemen Kualitas (Klausul 4 dari ISO
9001:2000).
2.
Tanggung Jawab Manajemen (Klausul 5 dari ISO
9001:2000).
3.
Manajemen Sumber Daya (Klausul 6 dari ISO
9001:2000).
4.
Realisasi Produk (Klausul 7 dari ISO 9001:2000).
5.
Analisis, Pengukuran, dan Peningkatan (Klausul 8
dari ISO 9001:2000).
0 komentar:
Posting Komentar