EVOLUSI
KONSEP BENCHMARKING
Menurut Watson (dalam Widayanto,
1994), konsep benchmarking sebenarnya telah mengalami setidaknya lima generasi,
yaitu :
1.
Reverse Engineering
Dalam tahap
ini dilakukan perbandingan karakteistik produk, fungsi produk dan kinerja
terhadap produk sejenis dari pesaing.
2.
Competitive Benchmarking
Selain
melakukan benchmarking terhadap karakteristik produk, juga melakukan benchmarking
terhadap proses yang memungkinkan produk yang dihasilkan adalah produk unggul
3.
Process Benchmarking
Memiliki
lingkup yang lebih luas dengan anggapan dasar bahwa beberap proses bisnis
perusahaan terkemuka yang sukses memiliki kemiripan dengan perusahaan yang akan
melakukan benchmarking
4.
Strategic Benchmarking
Merupakan
suatu proses yang sistematis untuk mengevaluasi alternatif, implementasi
strategi bisnis dan memperbaiki kinerja dengan memahami dan mengadaptasi
strategi yang telah berhasil dilakukan oleh mitra eksternal yang telah berpartisipasi
dalam aliansi bisnis Membahas tentang hal-hal yang berkitan dengan arah
strategis jangka panjang
5.
Global Benchmarking
Mencakup
semua generasi yang sebelumnya dengan tambahan bahwa cakupan geografisnya sudah
mengglobal dengan membandingkan terhadap mitra global maupun pesaing global.
0 komentar:
Posting Komentar